Kampungkosong.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.

07/09/12

Letusan Anak Gunung Krakatau Jadi Tontonan

SERANG  – Meletusnya  Anak Gunung Krakatau (GAK) dengan mengeluarkan lava pijar dengan ketinggian 300 meter yang terjadi sejak Minggu (2/9), ternyata tidak menurunkan minat wisawatan berkunjung ke Pantai Anyer.

Meningkatnya aktifitas gunung berapi inipun tidak menyurutkan niat nelayan untuk menangkap ikan. Padahal debu vulkanik disertai getaran gempa tremor yang terus terjadi dan tidak berhenti dirasakan warga disepanjang pesisir Pantai Anyer.

"Meski aktifitas Gunung GAK meningkat namun sejauh ini belum ada respon negatif dari wisatawan. Tamu-tamu hotel masih tetap berdatangan. Booking penginapan untuk week end juga belum ada laporan yang membatalkan," ungkap Hardomo, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Serang, kepada Pos Kota, Selasa (4/9).

Menurut General Manager Pisita Cottage ini, menggeliatnya gunung berapi yang terletak di perairan Selat Sunda ini sudah dianggap sebagai aktivitas biasa bahkan menarik untuk ditonton pada malam hari. "Bagi wisatawan yang sering berkunjung ke Pantai Anyer justru semburan lava pijar dari perut Gunung GAK sudah dianggap tontonan menarik," kata Hardomo.

Meski demikian, kata Hardomo, pihaknya tetap akan melakukan koordinasi dengan pos pemantau Gunung GAK di Pasauran. Menurut Hardomo, sejauh ini pihaknya juga belum menerima warning tertulis dari pemerintah daerah maupun pos pemantau. "Kita baru dapat khabar ada larangan mendekat 1 km dari Gunung GAK. Kalau Pantai Anyer kan jaraknya lebih dari 40 km, jadi saya kira masih dalam jarak sangat aman," tutur Hardomo.

Fachrurozi, 37, nelayan warga Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang mengaku tetap melakukan kegiatan dan tidak begitu khawatir dengan meningkatnya aktifitas Gunung GAK. Apalagi status gunung berapi saat ini berada di Waspada Level II.  Menurut dia, warga nelayan di Pantai Anyer sudah terbiasa dengan aktivitas Gunung GAK yang sering mengeluarkan letusan dan lava pijar.

"Kalau menunggu gunung berhenti meletus, bisa rontok nih rambut. Keluarga kan perlu makan, siapa yang mau kasih makan kalau kita tidak usaha. Kita tetap melaut tapi tidak akan mendekat dalam radius yang membahayakan," katanya.

Sementara itu, Anton Sigit Tri Pambudi, Kepala Pos Pemantau Gunung GAK di Pasauran, Kecamatan Cinangka, Kab. Serang, berdasarkan pengamatan alat seismograf, Selasa (4/9), terjadi 2 kali terjadi gempa vulkanik pada kedalaman kurang dari 1 km.  Sedangkan gempa tremor, kata Anton, terjadi terus-menerus sejak Gunung GAK mengeluarkan lava pijar pada Minggu (2/9) siang.

"Statusnya masih berada di Waspada Level II. Tidak membahayakan bagi wisatawan disepanjang Pantai Anyer-Carita. Kami hanya merekomendasikan jangan mendekati gunung tersebut dalam radius 1 kilometer," himbaunya. (haryono/dms)

ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 10.32 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

back to top
 
Powered by kampungkosong.blogspot.com