Kampungkosong.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.

30/06/12

Pantai Terbaik Di Indonesia

pulau-indonesiaINDONESIA dengan 17.504 pulaunya memegang rekor negara dengan garis pantai terpanjang di dunia versi Guinnes Book of World Record. Tapi kita sebagai WNI, kurang menjelajah pantai-pantai spektakuler itu.
Tidak adil rasanya saya hanya boleh memilih 10 pantai terbaik di Indonesia, karena banyak pantai yang bagus lainnya yang belum pernah saya kunjungi, seperti di Maluku dan Papua.
Saya juga tidak memasukkan Pulau Bali dan Pulau Belitung ke dalam daftar ini, karena sudah saya anggap sudah 'biasa'. Maklum, saya bukan penggemar tempat komersil. Pantai selera saya harus sepi, tanpa ombak dan bisa diberenangi dengan santai.
Berikut daftarnya berdasarkan jarak dari Jakarta, bukan berdasarkan urutan tingkat kebagusan:

Pulau Gangga, Sulawesi Utara
Pulau Gangga terletak di ujung utara Pulau Sulawesi. Masuk ke dalam Kepulauan Sangihe. Sebagian besar turis ke Sulawesi Utara, pergi ke Pulau Bunaken. Tapi tak jauh dari sana terdapat Pulau Gangga yang jauh lebih cantik. Pasirnya halus berwarna putih, airnya bening, dan sepi. Pulau Gangga yang luasnya 5 hektar ini sebenarnya resor yang dikelola orang Italia. Dapat ditempuh menggunakan mobil selama 1 jam dari kota Manado dan 30 menit naik speed boat dari Desa Likupan. Lautnya nikmat diberenangi pagi-siang-sore-malam karena tak berombak. Pemandangan saat matahari terbenam sangat spektakuler. Seluruh langit berwarna oranye kemerahan terefleksi pada air laut yang menjadi keemasan.

Kep. Derawan, Kalimantan Timur
Pantai-Kakaban-di-Kep-DerawanKepulauan Derawan terletak di propinsi Kalimantan Timur dengan luas 1 juta hektar persegi di Laut Sulawesi yang terdiri dari 31 buah pulau, yaitu Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, Pulau Maratua, Pulau Panjang, Pulau Samama, serta beberapa pulau kecil dan gugusan karang lainnya. Berpasir putih dan berair jernih. Untuk mencapainya dapat naik pesawat dari Balikpapan menuju Berau, lalu dilanjutkan dengan jalan darat ke Tanjung Batu selama 3 jam plus naik speed boat selama 30 menit. Kep. Derawan merupakan habitat terbesar se-Indonesia bagi spesies penyu hijau yang terancam kepunahannya. Semua pulau berpasir putih yang masih bersih dan alami. Kita pun bisa berenang di pantai bersama penyu!

Pantai Ratenggaro, Sumba, NTT
Sumba, sebuah pulau hampir seluas Bali yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini belum terjamah pariwisata gila-gilaan sehingga masih alami. Selain tenun ikat dan kuda, alam Sumba sangat indah. Pantainya pun bagus, bersih dan sepi. Tapi favorit saya Pantai Ratenggaro yang terletak di Kabupaten Kodi, sekitar satu jam berkendara dari kota Waikabubak. Pantai berpasir putih dan laut biru ini dikelilingi tebing batu rendah dan masih tersisa kuburan batu megalitik. Uniknya lagi, pantai ini tepat berada di muara sungai yang berair biru dan beralas pasir. Air laut pun membuat lagun dengan latar belakang rumah tradisional Sumba dengan atap tinggi. Benar-benar spektakuler!
Pulau Cubadak, Sumatera Barat
Pulau Cubadak terletak di propinsi Sumatera Barat. Dari kota Padang, berjarak 2,5 jam naik mobil menuju Desa Corocok, lalu 10 menit naik speed boat. Pulau seluas 7 hektar ini pun lahan dari sebuah resor yang lagi-lagi dikelola orang Italia bernama Cubadak Paradiso Village, yang berarti "desa di surga". Di belakang terhampar hutan dan tebing, sedang di depannya pantai berpasir putih yang dikelilingi pegunungan. Rasanya seperti tidak berada di laut, melainkan di danau dengan air berwarna emerald green dan sangat tenang. Kalau bosan berenang di pantai, bisa trekking ke hutan atau piknik di pulau lain.

Kep. Lombok Timur, NTB
Pulau-Kondo-di-Lombok-TimurTidak banyak yang tahu tentang Lombok Timur yang memiliki terumbu karang seluas 3.210 hektar. Dengan air laut jernih, hamparan terumbu karang dapat terlihat jelas dari atas kapal. Menengok ke depan, terhampar pemandangan kaki gunung Rinjani. Desa terdekat Labuhan Pandan, yang terletak 2 jam dari Mataram naik mobil plus 30 menit untuk mencapai kepulauan. Gili Sulat dan Gili Lawang, dua pulau terbesar di kepulauan Lombok Timur yang didominasi hutan bakau. Dengan berkano Anda dapat menyusuri hutan bakau tersebut pada saat air pasang. Pulau-pulau lainnya seperti Pulau Kondo, Gili Petagan, Gili Lampu, Gili Bidadari, dan beberapa gosong (pulau pasir tanpa tumbuhan) berpasir putih nan lembut bak tepung.

Pulau Menjangan, Bali
Banyak pantai yang bagus di Provinsi Bali, tapi yang bagus, sepi dan tidak komersil hanyalah di Pulau Menjangan. Dinamakan demikian menurut penduduk lokal karena terdapat rusa (menjangan) yang sering berenang ke sana. Termaktub ke dalam Taman Nasional Bali Barat, sebenarnya pulau ini terletak di arah barat laut Bali dan dekat Banyuwangi. Dapat ditempuh dengan 3 jam naik mobil dari Denpasar dan 30 menit naik speed boat dari Pemuteran. Pasirnya putih, airnya biru jernih, ditambah lagi terumbu karangnya yang sehat menjadikannya tempat diving dan snorkeling yang baik.

Pulau Sempu, Jawa Timur
Letaknya di provinsi Jawa Timur, sekitar 70 km dari kota Malang ke arah selatan. Pulau Sempu yang memiliki luas 877 hektar ini kawasan Cagar Alam. Yang menarik dari pulau yang satu ini, lagunnya yang indah bernama Segara Anakan. Terletak di ujung pulau, air yang masuk ke dalam kolam raksasa ini berasal dari ombak yang menghantam secara periodik melalui karang bolong, dari Samudera Hindia yang terkenal ganas. Pada sisinya terdapat hamparan pasir putih yang lembut. Air lagun tersebut jernih dengan warna yang bergradasi, mulai dari hijau tua, hijau muda, sampai biru muda, plus aman untuk direnangi karena dangkal dan airnya tidak berombak sama sekali. Dikelilingi tebing batu karang dan hutan lebat, mengingatkan saya pada film The Beach-nya Leonardo DiCaprio.

Kep. Karimunjawa, Jawa Tengah
Kepulauan Karimunjawa salah satu kecamatan dari Jepara (propinsi Jawa Tengah) yang terletak 45 mil dari Pulau Jawa. Terdiri dari 27 pulau dengan 5 pulau saja yang dihuni, termasuk Pulau Karimun Besar di mana sebagian besar penginapan berada. Karena kekayaan alamnya, sejak tahun 1986 pemerintah menetapkan Karimunjawa sebagai Taman Nasional Laut. Wajib hukumnya untuk island hopping ke pulau-pulau di sekitarnya, seperti Pulau Menjangan yang terdapat penangkaran penyu dan hiu atau snorkeling di sekitar Pulau Cemara. Kalau berkocek lebih, bisa menginap di Pulau Menyawakan yang terdapat resor yang dimiliki orang Swedia. Semua pulau di sana berpasir putih dengan warna air bergradasi biru dan alam bawah laut yang indah. 
Pulau Peucang, BantenPeucang-BeachPulau Peucang terletak di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Nama 'peucang' sendiri artinya rusa dalam bahasa lokal, makanya di sana kita bisa melihat rusa berkeliaran. Dapat ditempuh dengan naik mobil dari Jakarta selama 6 jam menuju Sumur, lalu dilanjutkan dengan kapal selama 3 jam. Pulau Peucang luar biasa indahnya, pasirnya putih lembut dan air lautnya biru tak berombak. Satu jam berjalan kaki ke arah utara terdapat Karang Copong, sebuah karang mati besar yang berlubang (copong) dan tempat terindah untuk menikmati pemandangan saat matahari terbenam.

Kep. Seribu, Jakarta
Kepulauan Seribu salah satu favorit saya karena aksesnya paling mudah dari Jakarta. Tinggal ke Ancol atau Muara Karang, lalu naik kapal selama 2-3 jam saja. Kalau kurang dari itu, pulau-pulaunya memang kurang bersih. Tapi banyak pilihan pulau lain karena Kepulauan Seribu memiliki 110 pulau dengan luas hampir 11 kali lebih besar daripada Jakarta. Sebagian pulau dihuni penduduk, sebagian dibuat resor, sebagian lagi dibiarkan kosong tak berpenghuni. Kalau mau murah meriah, pergi lah ke Pulau Pramuka atau Pulau Tidung. Kalau punya kocek lebih, bisa tinggal di Pulau Macan, Pulau Sepa, atau Pulau Kotok yang lebih sepi. Sewalah kapal untuk island hopping ke pulau-pulau yang berpenghuni. Pasir putih dan laut biru yang tenang lumayan untuk tempat kabur sementara dari hiruk-pikuk Jakarta.
Teks: Trinity   Foto: Trinity & Tikky Octavia

ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 17.12 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

back to top
 
Powered by kampungkosong.blogspot.com