Kampungkosong.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.

08/10/11

IDENTITAS DIRI


Setiap orang memiliki identitas diri. Minimal
sebuah nama diri yang dengan itu ia disebut dan dipanggil.
 Apa sesungguhnya identitas diri itu ?

            Dalam kehidupan praktis , umumnya orang mengaitkan identitas diri dengan data administrative belaka semisal nama, alamat, tempat tanggal lahir, nomor KTP, riwayat pendidikan, pengalaman kerja dan sebagainya. Setiap orang memang memiliki identitas diri (data diri ) yang khas
, yang mustahil dapat di pertukarkan dengan mudah. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, identitas artinya cirri cirri atau keadaan khusus seseorang : JATI DIRI.
           
            Secara psikologis identitas bukan sekedar data administerative diri , tapi lebih pada sejumlah pikiran dan perasaan yang di miliki seseorang mengenai dirinya sendiri. Ketika seseorang bisa dengan  pasti menjawab pertanyaan siapa saya : mengenal dan memahami dirinya dengan baik : mengetahui peranannya dalam kehidupan : memiliki nilai nilai dan pertimbangan hidup yang di yakininya dengan kuat : dan pikiran serta perasaan tentang dirinya itu telah tersusun dan stabil, maka sesungguhnya ia telah memiliki identitas diri.

            Proses pembentukan identitas

            Para psikolog banyak yang berpendapat bahwa proses pembentukan identitas diri sudah di mulai jauh sejak awal kehidupan seseorang. Cara orang tua atau lingkungan memperlakukan bayi  atau anak kecil akan mempengaruhi perasaan bayi atau anak kecil itu tentang dirinya. Dan bagaimana orang tua atau lingkungan memperlakukan bayi atau anak kecil juga tergantung bagaimana sikap anak itu memperlakukan dirinya sendiri. Begitulah identitas diri terbentuk melalui proses interaksi seseorang dengan lingkungannya.

             Dengan kata lain identitas seseorang berasal dari pikirannya tentang dirinya sendiri, dari apa yang dia piker orang lain pikirkan tentang dirinya dan dari apa yang dia pikir nilai atau norma ideal ( agama ) harapkan dari dirinya. Misalnya, A seorang muslimah berjilbab. Identitas dirinya berasal dari apa yang A pikirkan tentang dirinya : Saya muslimah berjilbab yang masih harus belajar berakhlak mulia ( identitas diri subjektif ), dari apa yang lingkungan harapkan dan pikirkan tentang dirinya : Anda muslimah berjilbab harus berprilaku baik ( identitas diri objektif ), serta dari tuntutan nilai atau norma ideal ( Agama ) : muslimah berjilbab harus berprilaku sesuai Qur’an dan sunah seperti telah di contohkan para sahabiyah Rosululloh SAW.

            Identitas Muslimah
           
           

            Seorang muslimah di tuntut memiliki identitas diri yang sebagai hasil kemampuan menyusun dan menstabilkan pikiran pikirannya dari tiga sumber identitas diri di atas. Kokohnya identitas diri dapat di lihat dari munculnya kepribadian yang matang (dewasa ) dengan ciri ciri sebagai berikut :

            Pertama : pemekaran diri sendiri , yaitu kemampuan untuk menerima sesuatu di luar dirinya sebagai bagian dari dirinya . ia adalah makhluk social yang bisa menekan perasaan egois, bisa bertenggang rasa dengan sesame dan sanggup berempati dengan lingkungan. Ciri lain adalah berkembangnya cita cita , idola, harapan, dan sebagainya yang menggambarkan wujud ego ( diri sendiri ) secara ideal di masa depan.

            Kedua : mampu melihat diri secara objektif, ditandai dengan kemampuan menjadikan diri sendiri sebagai sasaran penilaian ( instropeksi ).  Ia bisa menerima kritik dan koreksi dari orang lain karena ia yakin , kritik itu untuk menyempurnakan jati dirinya.

            Ketiga : memiliki falsafah hidup yang bersumber dari Al Qur’an dan Sunah. Nilai hidup ini bukan Cuma asesoris tapi benar benar di wujudkan dalam sikap dan perbuatan sehari hari. Ia tahu dan paham bagaimana seharusnya menempatkan diri dalam kehidupan. Sikap  sikap hidupnya jelas, tegas, dan tidak dipengaruhi oleh situasi dan kondisi lingkungan, sebab ia telah memiliki arah hidup yang jelas yaitu kembali pada Alloh SWT dengan limpahan ridho dan cintaNya. Krisis identitas? Tak ada cerita buat seorang muslimah. 

ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 08.58 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

back to top
 
Powered by kampungkosong.blogspot.com